Skip to main content

Menengok Galeri Perupa di Pasar Gembrong



Merdeka.com - 
Pasar Gembrong menjadi salah satu pusat pedagang mainan terbesar di Jakarta. Sebelumnya pasar yang terletak di Jalan Jenderal Basuki Rachmat, Jakarta Timur di tahun 60-an merupakan pasar tradisional yang menjual sayur mayur dan berbagai kebutuhan pokok.

Perubahan ini terjadi ketika kerusuhan tahun 1998. Sehingga membuat para pedagang di sana memutuskan untuk pergi. Selepas kerusuhan, sebagian pedagang kembali mencoba peruntungan di sana dengan menjual berbagai jenis barang termasuk mainan dan alat tulis.

Pasar yang dikenal dengan produk mainan sempat dikabarkan akan berganti wajah menjadi tiang beton akibat terkena dampak dari pembangunan Tol Becakayu yang nantinya akan di eksekusi pada Maret 2018. Tapi hingga bulan Juni 2018 pasar ini masih beroperasi seperti biasanya dan para pedagang sudah tidak lagi mendengar informasi mengenai penggusuran.

Gembrong diambil dari bahasa sunda yang artinya dikerumuni. Ini sejalan dengan suasana pasar yang kerap ramai. Pasar Gembrong kerap menjadi incaran oleh pembeli karena barang barangnya yang relatif murah dan dagangan kebanyakan produk asal China.

Namun selain pedagang, Pasar Gembrong juga menjadi markas komunitas Perupa Jakarta Raya (PRUJA). Komunitas ini untuk mengisi kios-kios kosong di pasar untuk berjualan dan memamerkan karya seni mereka.

"Tempat ini bisa dijadikan tempat untuk silaturahmi, tempat berkumpul untuk menguatkan warisan. Makanya kemarin pas 17-an, kita melukis mural, acara kebersamaan dan bisa berkolaborasi buat masyarakat dan berlanjut," kata Ketua Umum PRUJA, Andi Suhandi kepada merdeka (18/8).

Jika memang ada antusiasme masyarakat dengan hadirnya mereka sebagai perupa dan tempat galeri seni, maka tidak menutup kemungkinan untuk mereka tetap di Pasar Gembrong ini. Sebanyak 60 perupa dari PRUJA terdaftar untuk mengisi di 35 kios yang terdapat di pasar, biasanya satu kios akan diisi oleh dua orang.

Sejak bulan Agustus, diakui Andi, mereka mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat dan ada terjadi proses transaksi jual beli. Karya seni yang dipamerkan mulai dari karya abstrak, naturalis, realis, ekspresionis semua aliran tersedia. Untuk penggemar sastra tidak perlu khawatir, karena di pasar ini mereka juga menjual berbagai buku-buku sastra dan seni rupa.

"Berharap Pasar Gembrong ini dapat menjadi pasar hidup, dapat menjadi destinasi wisata untuk bidang seni di Jakarta Timur. Jadi kalau orang butuh karya, bisa datang ke sini," lanjutnya.

Sumber : https://www.merdeka.com/jakarta/menengok-galeri-perupa-di-pasar-gembrong.html

Comments

Popular posts from this blog

Alat dan Bahan Menggambar Bentuk Obyek Tiga Dimensi

KOMPAS.com - Menggambar merupakan sebuah kegiatan ekspresif yang didalamnya membutuhkan beberapa alat untuk menunjang terciptanya sebuah karya. Karya gambar yang sudah jadi pun disesuaikan dengan tingkatan sesuai umur atau juga kategori. Namun, dari semua itu menggambar membutuhkan peralatan yang mumpuni sehingga hasilnya bisa dilihat. Peran alat dan bahan sangat menentukan untuk menghasilkan gambar bentuk yang baik. Dalam buku Panduan Menggambar Manusia Menggunakan Media Pensil (2010) karya Irfan Abdul Rohman, peralatan gambar yang dipakai memiliki spesifikasi berbeda sesuai jenisnya. Berikut peralatan menggambar bentuk:   1. Kertas Gambar  Kegiatan menggambar membutuhkan kertas yang baik agar proses pembuatan gambar lebih nyaman dan maksimal. Bahan kertas yang baik salah satu syaratnya adalah tidak mudah sobek, mengingat menggambar merupakan proses menggores dan menghapus. Kertas adalah bahan yang paling ideal digunakan untuk menggambar. Dalam menggambar menggunakan pensil agar menda

Cara Membedakan Karya Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

  Cara membedakan karya seni rupa murni dan seni rupa terapan dilihat dari fungsinya, sebagai berikut: Seni rupa murni Seni rupa murni adalah karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsi.  Sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan. Dilansir dari buku The Perceptual Structure of Three-Dimensional Art (2016) karya Paul MW, fungsi dari seni rupa murni untuk memuaskan batin di dalam ciptaanya. Mengutamakan unsur keindahan.  Contoh karya seni rupa murni adalah lukisan, patung, grafiti, relief, seni koreografi, dan masih banyak lainnya.  Seni rupa terapan Seni rupa terapan adalah merupakan karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, melainkan juga berfungsi untuk membantu kehidupan manusia.  Seni rupa terapan lebih mengutamakan kegunaan dibandingkan keindahan. Fungsi dari karya seni rupa terapan justru menonjolkan kegunaan atau kebutuhannya, seperti kebutuhan pokok atau kebuituhan

Teknik Pelakat dalam Seni Lukis

KOMPAS.com - Setiap karya pelukis tentu memiliki karakternya masing-masing. Karakter tersebut biasanya terletak dari teknik seni lukis yang digunakan. Seni lukis yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangnya menciptakan aliran sekaligus teknik yang digunakan. Dalam buku Pita Maha: Gerakan Seni Lukis Bali 1930-an (2018) karya Wayan Kun Adnyana, teknik yang berbeda tentunya akan menghasilkan karya yang berbeda pula. Dari berbagai teknik yang ada, salah satu teknik yang sering digunakan adalah teknik plakat. Teknik plakat adalah salah satu teknik melukis atau menggambar yang menggunakan bahan dasar cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna cat yang tebal. Dengan memberikan sapuan warna yang tebal, maka lukisan terkesan colourfull. Teknik plakat digunakan pelukis untuk menghasilkan lukisan yang mempesona dan tentunya bernilai tinggi. Ciri teknik plakat Ciri-ciri teknik plakat, yaitu: Sapuan warna yang kental dan tebal. Hasil lukisan menutupi seluruh bagian medianya Mem