Skip to main content

Oppo Art Jakarta Virtual 2020, Cara Baru Gelar Pameran Seni Rupa di Masa Pandemi

 

    Fimela.com, Jakarta Pandemi COVID-19 membuat sebagian kegiatan offline tidak bisa diselenggarakan. Mulai dari konser musik hingga pameran seni. Seperti Art Jakarta sebagai kegiatan pameran seni rupa tahunan yang terpaksa harus ditunda penyelenggaraannya tahun ini. Meski demikian, Art Jakarta tetap digelar dalam konsep virtual yang disebut Oppo Art Jakarta Virtual 2020.

    Beradaptasi dengan teknologi digital, Oppo Art Jakarta Virtual 2020 menjadi cara baru penyelenggaraan sebuah pameran seni rupa di masa pandemi.

    "Kita sama-sama mengalami masalah akibat andemi. negara di seluruh menunda acara Art Jakarta tahun ini hingga tahun depan. kami menyadari bahwa kami bagian terpadu dari ekosistem seni rupa di Indonesia dan asia tenggara," ungkap Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta.

    Oppo Art Jakarta Virtual 2020 menjadi sebuah pameran bersama yang diadakan secara virtual. Sebagai cara untuk menjaga optimisme bahwa dengan berbagai kerja dan karya seni rupa tetap dapat bermakna di tengah berbagai pembatasan fisik. Art Jakarta menggunakan teknologi digital dan internet untuk tetap dapat berkomunikasi, menjaga dan memperkuat jaringan, melakukan kerja kreatif, serta tetap dapat menikmati karya seni rupa dengan cara yang berbeda.

    Penyelenggaraan Oppo Art Jakarta Virtual 2020 akan berlangsung selama dua bulan. Dimulai pada 19 Oktober-15 Desember 2020 dengan mengakses www.artjakarta.com. Melalui pameran virtual ini diharapkan dapat membantu seniman lokal untuk dapat tetap berkarya dan memberikan ruang apresiasi yang pantas dari publik pecinta seni.

    Art Jakarta akan menampilkan pameran dari 38 galeri seni rupa. Terdiri dari 27 galeri Indonesia dan 11 galeri Internasional. Selain itu, Art Jakarta memberikan perhatian khusus pada seniman melalui kelompok dan lembaga yang mereka kelola selama ini. Dengan menghadirkan Art Jakarta Scene menjadi sebuah ruang bagi pada seniman untuk menampilkan pameran karya seni rupa dari 16 komunitas seniman.

    Tak ketinggalan, Oppo kembali mendukung kegiatan Art Jakarta melalui smartphone Oppo Find X2 Series. Denagn semangat Uncover The Ultimate, Oppo berupaya mendampingi masyarakat agar tetap menikmati karya seni secara virtual. Serta memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi karya seni melalui pengalaman baru artfair di platform Oppo Art Jakarta Virtual 2020.

    Bekerja sama dengan 10 seniman ternama Indonesia, Oppo menghadirkan Oppo Find Art yang menampikan karya seni mereka dalam satu set karya orisinil dan ukiran di perangkat Oppo Find X2. Kemudian akan dilelang untuk didonasikan ke komunitas seniman. Seniman yang terlibat di antaranya AdityaNovali, Agan Harahap, Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Heri Dono, Mella Jaarsma, Naufal Abshar, R. E. Hartanto, Syagini Ratna Wulan, dan Uji “Hahan” Handoko.

Source : https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4387064/oppo-art-jakarta-virtual-2020-cara-baru-gelar-pameran-seni-rupa-di-masa-pandemi


Comments

Popular posts from this blog

Alat dan Bahan Menggambar Bentuk Obyek Tiga Dimensi

KOMPAS.com - Menggambar merupakan sebuah kegiatan ekspresif yang didalamnya membutuhkan beberapa alat untuk menunjang terciptanya sebuah karya. Karya gambar yang sudah jadi pun disesuaikan dengan tingkatan sesuai umur atau juga kategori. Namun, dari semua itu menggambar membutuhkan peralatan yang mumpuni sehingga hasilnya bisa dilihat. Peran alat dan bahan sangat menentukan untuk menghasilkan gambar bentuk yang baik. Dalam buku Panduan Menggambar Manusia Menggunakan Media Pensil (2010) karya Irfan Abdul Rohman, peralatan gambar yang dipakai memiliki spesifikasi berbeda sesuai jenisnya. Berikut peralatan menggambar bentuk:   1. Kertas Gambar  Kegiatan menggambar membutuhkan kertas yang baik agar proses pembuatan gambar lebih nyaman dan maksimal. Bahan kertas yang baik salah satu syaratnya adalah tidak mudah sobek, mengingat menggambar merupakan proses menggores dan menghapus. Kertas adalah bahan yang paling ideal digunakan untuk menggambar. Dalam menggambar menggunakan pensil agar menda

Cara Membedakan Karya Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

  Cara membedakan karya seni rupa murni dan seni rupa terapan dilihat dari fungsinya, sebagai berikut: Seni rupa murni Seni rupa murni adalah karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsi.  Sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan. Dilansir dari buku The Perceptual Structure of Three-Dimensional Art (2016) karya Paul MW, fungsi dari seni rupa murni untuk memuaskan batin di dalam ciptaanya. Mengutamakan unsur keindahan.  Contoh karya seni rupa murni adalah lukisan, patung, grafiti, relief, seni koreografi, dan masih banyak lainnya.  Seni rupa terapan Seni rupa terapan adalah merupakan karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, melainkan juga berfungsi untuk membantu kehidupan manusia.  Seni rupa terapan lebih mengutamakan kegunaan dibandingkan keindahan. Fungsi dari karya seni rupa terapan justru menonjolkan kegunaan atau kebutuhannya, seperti kebutuhan pokok atau kebuituhan

Teknik Pelakat dalam Seni Lukis

KOMPAS.com - Setiap karya pelukis tentu memiliki karakternya masing-masing. Karakter tersebut biasanya terletak dari teknik seni lukis yang digunakan. Seni lukis yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangnya menciptakan aliran sekaligus teknik yang digunakan. Dalam buku Pita Maha: Gerakan Seni Lukis Bali 1930-an (2018) karya Wayan Kun Adnyana, teknik yang berbeda tentunya akan menghasilkan karya yang berbeda pula. Dari berbagai teknik yang ada, salah satu teknik yang sering digunakan adalah teknik plakat. Teknik plakat adalah salah satu teknik melukis atau menggambar yang menggunakan bahan dasar cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna cat yang tebal. Dengan memberikan sapuan warna yang tebal, maka lukisan terkesan colourfull. Teknik plakat digunakan pelukis untuk menghasilkan lukisan yang mempesona dan tentunya bernilai tinggi. Ciri teknik plakat Ciri-ciri teknik plakat, yaitu: Sapuan warna yang kental dan tebal. Hasil lukisan menutupi seluruh bagian medianya Mem